Friday, September 21, 2012

Agama-agama Besar Yang Ada Di Dunia

أشهد أن لا اله الا الله و أشهد أن محمدا رسول الله


Agama Yang Ada Di Dunia (Agama-agama Besar)

Menurut ahli agama Dr Zakir Naik, agama-agama di dunia dapat digolongkan secara umum dalam dua kategori yaitu SEMIT dan NON-SEMIT. Dimana agama NON-SEMIT masih dibagi menjadi agama ARYA dan NON ARYA

AGAMA SEMIT

Agama Semit merupakan agama yang berasal dari rumpun Semit. Menurut Bible kaum Semit merupakan keturunan Nabi Nuh dari garis Shem (salah satu anak nabi Nuh). Jadi bisa dikatakan bahwa Agama Semit berasal dari antara Yahudi, Arab, Assyria, Funisia dan sejenisnya. Agama kaum Semit yang paling besar meliputi Yahudi, Kristen dan Islam. Dimana agama-agama ini (Yahudi,Kristen dan Islam) merupakan agama kenabian yang percaya bahwa Petunjuk Ilahi dikirim melalui para nabi Tuhan.

AGAMA ARYA

Agama Arya adalah agama yang berasal diantara rumpun Arya, sebuah kelompok yang kuat dari masyarakat yang berbahasa Indo-Eropa yang berkembang melalui Iran dan Selatan India pada pertengahan awal Milenium kedua SM (2000 s/d 1500 SM)

Agama Arya dibagi lagi menjadi agama Vedic dan Non Vedic. Agama Vedic meliputi : Hindhu atau Brahmanisme , dan agama Non-Vedic meliputi : Sikh, Budha, Jainisme dan sejenisnya.

Mungkin sebgaian besar kita menganggap agama Arya sebagai agama tak bernabi, mungkin ini perlu diluruskan karena pemahaman mengenai nabi bagi mereka mungkin agak berbeda. Di Hindhu ada istilah Avtar, dan di Budha ada istilah Maitreya. Baik Avtar maupun Maitreya bisa kita golongkan sebagai nabi juga karena mereka juga percaya akan adanya Kalky Avtar atau Budha Maitreya sebagai utusan terakhir. Demikian juga dengan agama Zoroaster yang mana juga menganggap Zoroaster sebagai nabi mereka dan percaya akan adanya utusan terakhir yaitu Soeshyant  yang bernama Astvat Ereta.

AGAMA NON ARYA

Agama non-Arya memiliki asal usul yang berbeda. Diantaranya Taoisme dan Confusius yang berasal dari Cina dan Shinto yang berasal dari Jepang. Pada dasarnya mereka bukanlah suatu agama melainkan hanya sebuah sistem etika. Atau boleh dibilang lebih menonjolkan sisi etika daripada sisi keagamaannya.
Post a Comment